Cuplik Sabtu – Scandal’s Bride

detail buku

Cuplikan halaman 523

Catriona melihat ke lembah, ke garis cahaya yang perlahan mendekat; di belakangnya, ia bisa merasakan kekuatan di dalam lingkaran itu mulai bangkit, untuk membentang dan menyambut sentuhan pertama matahari. Udara saat itu dingin dan membekukan, tapi harinya akan indah. Sambil menarik nafas dalam-dalam, merasakan kekuatan yang sangat tua di dalam pembuluh darahnya, Catriona memandang Richard.

Dan tersenyum, tidak sadar bahwa cahaya cintanya memenuhi wajahnya dengan sinar yang menurut Richard sangat indah. Memesona. Sinar yang membuat Richard, sang pejuang, rela melakukan apapun untuk melihatnya.

Apa itu Cuplik Sabtu?
Cuplik Sabtu adalah cuplikan paragraf dari sebuah buku yang dipilih secara acak yang tayang di blog ini setiap sabtu pagi. Metodenya sebagai berikut:
1. Pilih Buku
Pilih secara acak salah satu buku dari timbunan yang ada (bisa timbunan buku sendiri, buku teman, buku perpustakaan bahkan buku yang sudah dibuka sampulnya di toko buku) 🙂
2. Pilih Halaman
Pilih secara acak halaman yang akan dicuplik (bisa dibuka begitu saja, pake undian, pake random.org, ato pake tafsir primbon mimpi juga boleh) 😉
3. Pilih paragraf
Baca halaman yang sudah terpilih itu, lalu pilih paragraf yang paling berkesan (hati-hati jangan sampai terlalu banyak spoiler!) 😛
 

Kebetulan kali ini Cuplik Sabtu bertepatan dengan event Scene on Three dari Bacaan B.Zee.

Bagaimana cara berpartisipasi dalam Scene on Three :
  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).

Adegan ini sangat membekas bahkan lama setelah menutup buku ini. Seperti layaknya kisah roman, buku ini diakhiri dengan adegan pernyatan saling mencintai antara tokoh pria dan wanitanya. Namun pada buku ini pernyataan itu terasa sangat special karena selain diucapkan dengan kata-kata juga ditunjukkan dengan adegan yang mengingatkan pada upacara Surya Sewana. Konsep pemujaan terhadap Sùrya banyak terdapat di negara-negara Eropa maupun Asia. Tidak aneh kalau upacara seperti ini muncul di kisah ini. Tokoh utama wanita di sini merupakan Lady of the Vale, semacam pemimpin spiritual sebuah desa di pelosok Skotlandia.

Sùrya disimbolkan sebagai sumber rezeki bagi umat manusia. Pagi hari saat matahari mulai menampakkan diri, dilakukan pemujaan kepada Dewa Sùrya agar dapat melakukan tugas dan kewajibannya dengan penuh tanggung jawab, dan berada pada jalan yang benar. Jadi, pada waktu yang begitu mulia, yaitu pagi hari, saatnya manusia bangun dan pertama-tama memohon kepada Tuhan supaya kita selalu ingat pada-Nya, sebelum melanjutkan kesibukan sehari-hari.

Bila mengingat kembali, adegan pemujaan terhadap matahari seperti ini pun muncul dalam ending film Bollywood Mohabbatein yang diperankan Shahrukh Khan dan Amitabh Bachchan. Makanya film ini juga sangat membekas di hati. *selain karena SRK paling cakep di sini juga kali yah :P*

Iklan

2 thoughts on “Cuplik Sabtu – Scandal’s Bride

Buka Ocehan Anda di Sini...............

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s